Tutorial Wordpress

Cara Pasang “Widget Jam” di Wordpress

Ketika kita sedang nge-blog, mungkin sebagian dari kita lupa akan waktu meskipun di komputer atau laptop sudah ada jam. Dirasa perlu adanya jam di blog, atau sekedar pengin aja, pada postingan kali ini, penulis mencoba akan berbagi info bagaimana cara memasang “widget jam”. Tidak usah basa-basi, langsung ke TKP aja yuk…

  1. Masuklah ke link http://www.al-habib.info/
  2. Klik menu Islamic Clock
  3. Perhatikan Jenis-jenis jam yang tersedia di Gallery Analog dan Gallery Digital sebelum anda menentukan pilihan
  4. Jika sudah menemukan model jam yang sesuai pilihan hati anda, selanjutnya klik “Get This Clock”.
  5. Kemudian aturlah Warna Latar Jam, Warna Motif Jam, Zona Waktu (Indonesia bagian WIB = GMT+7), Sebagai gambaran di wordpress anda nanti, klik Background Colour.
  6. Tentukan ukuran Tinggi (Heigh) dan Lebar (Widght) sesuai kapasitas di widget wordpress.com anda.
  7. Tentukan posisi Jam diwidget anda nanti dengan memilih option Left atau Center atau Right.
  8. Untuk selanjutnya klik “ + BLOG ME” yang bertanda “+”, pilih “WORDPRESS” atau lainnya bagi pengguna selain WordPress.
  9. Masukan name user dan password WordPress anda.
  10. Bukalah blog anda, maka dihalaman utamanya akan tampak jam yang baru saja anda buat, setelah itu sunting-lah tampilan (tulisan) yang memuat jam tersebut maka anda akan mendapatkan kode script jam anda. JANGAN ADA YANG DIUBAH SEDIKITPUN !. copy-lah kode tersebut.
  11. Bukalah Dashbor>>Tampilan>>Widget.
  12. Tariklah widget Text ke kolom widget pilihan, kemudian Paste kode yang telah di copy tadi, klik Simpan.
  13. Lihatlah tampilan wordpress.com anda !!!
  14. Jika, anda ingin menghapus posting yang ada Jam-nya tadi, maka masukan saja Tong Sampah.

Cara Pasang “Music Playlist” Via Mixpod di Blog Wordpress

Wah, kayaknya kalau buka blog terus ada musiknya, lebih enak dan tidak nge-bosenin kali yaa…
Oke, langsung saja kali ini saya coba bahas bagaimana cara memasang “Music Playlist” via www.mixpod.com. Kita ke TKP aja yuk ….

1. Buka situs ini : http://www.mixpod.com

2. Klik sign up untuk register/yang belum punya akun (klo dah punya akun, silahkan langsung log in)

3. Kalau udah register buka email kamu, coz kamu diminta mengkonfirmasi lewat email kamu

4. Setelah di konfirmasi, silahkan klik link yang ada di email balesan tadi

5. Klik “Create Playlist” untuk membuat Playlist

6. Cari lagu2 yg pengen kamu masukin ke playlist di kotak Search

7. Klik tanda plus (+) untuk memasukannya ke dlm playlist

8. Klo udah, klik 2.Costumize & pilih skin yg kamu suka

9. Klik Colors and Styles yg ada di bawah Costumize untuk menatur warna & style skin-nya.

10. Selanjutnya klik Settings.

  • Pada option Autoplay pilih “yes” klo kamu mau lagu di playlist kamu langsung terdengar waktu blog kamu dikunjungin visitor
  • Pilih “yes” pd option Shuffle klo kamu mau lagu2-nya terdengar secara acak
  • Loop => yes
  • Privacy => publish

11. Klo udah,lanjut ke 3.Save Playlist

  • Di kotak playlist title, kamu isi dgn judul playlist kamu
  • Sedangkan Playlist Description, kamu isi tentang playlist kamu
  • Pada option Genres dan Categories, pilih 2 atau 3 aja jangan banyak-banyak
  • Pada kotak Playlist Tags, isi aja terserah kalian. misalnya : happy, favorite, dll

12. Setelah itu klik SAVE (get code)

13. Klo dah muncul jendela baru, klik option Other sites => More => Logo wordpress

14. Masukkan username & password wordpress kamu dan klik post

15. Setelah itu, pindah ke Dashboard wordpress kamu, pilih post & edit posting (no tittle). pilih HTML dan copy semua code-nya.

16. Klik Appearance dan pilih Widgets

17 .Tarik widget Text ke tempat yg kamu mau di sidebar

18. Paste-kan code HTML yg tadi disitu, lalu SAVE

19. Silahkan buka blog kamu, dan lihat….. Mudahkan!!!


Cara Pasang Live Traffic Feeds pada Blog (Wordpress, Blogspot)

Pada postingan ini, penulis mencoba membahas bagaimana cara memasang Live traffic feeds, contohnya dibawah ini.. Adapun kegunaannya hanyalah untuk mengetahui sejauh manakah blog kita itu dikunjungi…jadi apabila ada pengunjung yang datang pada blog kita maka live traffic feed ini langsung mengidentifikasi dan menampilkannya pada box antara lain: Negara atau Kota pengunjung serta sudah berapa lama pengunjung tersebut mengunjungi blog kita.
g1 7 Cara Pasang Live Traffic Feed pada WordPress ( .com atau .org )

Nah itulah antara lain fungsinya..tetapi bagi kita pemilik blog dapat mengetahui lebih agak rinci dengan meng-Klik Box tersebut maka sampeyan akan dibawa kesitusnya…dan disitu bisa sampeyan lihat Negara pengunjung dan artikel apa yang mereka kunjungi.
Jadi kalo sobat pengen menampilkan live traffic feed pada blog sampeyan bisa diikuti langkah-langkahnya sbb:

g2 4 Cara Pasang Live Traffic Feed pada WordPress ( .com atau .org )

  • Setelah masuk ke situsnya anda bisa meng-Customize mulai dari warna tulisan, background trus pada width dapat anda atur lebarnya setelah selesai Klik Apply
  • Selanjutnya pada Copy the code below into your site HTML sampeyan Copy dulu.
  • Sekarang sampeyan Masuk Admin WordPress
  • Pada Appearance Klik Widgets (lihat gambar)

g3 3 Cara Pasang Live Traffic Feed pada WordPress ( .com atau .org )

Pilih Widgets  Text lalu tempatkan sesuai selera anda lalu dan Paste-kan code tadi lalu Klik Save...Finish.


Wordpress: Cara Membuat Widget Online User

Pada tulisan kali ini, saya akan menerangkan langkah-langkah untuk membuat dan memasang widget online user dengan warna yang dapat dipilih sesuai keinginan kita untuk blog wordpress.com. Ayo, bikin keren WordPress mu….

Widget Online

Oke, langsung saja berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, silahkan klik di sini
  2. Setelah Anda masuk ke situsnya,,akan ada 3 langkah. Pada nomor 1 pilih pilihan “No”. Pada nomor 2, silahkan buat widget online user dan pilih warna yang ingin Anda gunakan. Pada nomor 3, klik tombol “Post” yang terletak di sebelah kanan bawah text area. Setelah itu, pilih logo WordPress.
  3. Isikan username, password dan alamat blog wordpress Anda pada form yang ditampilkan. Setelah itu, klik “Post”
  4. Sekarang, buka blog wordpress Anda. Akan ada postingan baru berjudul whos.amung.us yang hanya berisi widget yang tadi telah Anda buat. Seharusnya widget tersebut diletakkan pada sidebar.
  5. Maka, silahkan edit postingan tersebut. Pilih mode HTML. Copy seluruh tulisan pada mode HTML. Kemudian paste ke widget text blog wordpress.com Anda. Terakhir, klik save. Silahkan lihat hasilnya.
  6. Selesai 🙂

Belajar Wordpress : Mengenal Admin Dashboard pada Wordpress.com

Pada belajar ngeBlog kali ini, saya akan memberikan tutorial wordpress tentang pengenalan admin dasboard pada wordpress.com. Artikel ini sekaligus melanjutkan penjelasan pada posting belajar wordpress sebelumnya yaitu tentang mengenal global dashboard pada wordpress.com. seperti kita ketahui, menu admin dashboard ini memiliki beberapa sub menu, yaitu Write, Manage, Design, Comments, Upgrades, Settings dan User. ok langsung aja kita mulai bahas satu persatu fungsi dari menu2 tersebut:

Tampilan Dashboard

1. Write, untuk menulis posting/tulisan kita dan membuat Page/halaman statis/ menu.

2. Manage, kalau diklik akan muncul 6  submenu lagi sbb :