Langit Tarakan Terbelah

Ilustrasi gambar

TARAKAN – Rabu (1/9) sore sekitar pukul 17.30 hingga 18.11 Wita, kemarin ada fenomena menarik di langit Tarakan. Di sebelah utara langit tampak terbelah oleh cahaya panjang yang terbentang seperti membelah langit. Tak pelak, senja itu warga banyak yang terkesima.

“Astagfirullah, langit Tarakan terbelah, ada apa ini,” kata warga yang tiba-tiba berhenti di sekitaran Gunung Belah. Warga yang berkendara pun berhenti untuk menyaksikan fenomena unik ini.

Banyak juga warga yang mengaitkan hal-hal gaib. Padahal ini adalah fenomena biasa. Ada penjelasan sains tentang ini?

Fenomena itu disebut Anticrepuscular Rays. Untuk memahami soal Anticrepuscular Rays, terlebih dahulu kita harus memahami soal “saudaranya” yang bernama Crepuscular Ray. Crepuscular Ray adalah suatu fenomena alam ketika cahaya matahari terlihat beradiasi dari satu titik tertentu. Radiasi cahaya ini bisa terjadi karena cahaya matahari masuk melewati celah-celah di antara awan atau objek lain dan biasanya terlihat menjelang matahari terbit atau tenggelam. Fenomena ini juga dikenal dengan sebutan Sun Rays atau Gods Rays.

Lalu apa Anticrepuscular Ray. Seperti Crepuscular ray? Anticrepuscular Ray adalah berkas sinar yang mirip dengan Crepuscular, namun terlihat berada di tempat yang berlawanan dari matahari.

Cahaya ini terjadi ketika Crepuscular Ray yang muncul dari matahari terbit atau tenggelam terlihat mengalami Konvergensi ulang di Titik Antisolar (Titik langit yang berlawanan dengan arah matahari). Fenomena ini juga terjadi karena sinar matahari terhalang oleh awan atau objek lainnya seperti crepuscular ray, namun ia terlihat di arah yang berlawanan dengan matahari. Sama seperti Crepuscular, fenomena ini juga sering terlihat ketika matahari terbit atau tenggelam.

Fenomena ini pernah terjadi di banyak tempat.  Mulai dari Jogjakarta pada 1 Juni lalu, kemudian di Nebraska, 26 Juni 2008, Florida, 27 February 2002 dan banyak lainnya.

Sumber:  http://www.radartarakan.co.id/index.php/kategori/detail/Tarakan/9542

Komentar ditutup.